RESUM ke -2 Oleh Christiana Sutarmi

RESUM ke -2

Writing is My Passion Produktif di Usia Senja

Oleh  Christiana Sutarmi

 

                                                     


 Pertemuan  Ke                  : 2

Hari, tanggal                       : Kamis, 21 Juni 2023

Nara Sumber                     : Sri Sugiastuti, M.Pd

Moderator                          : Sigid Purwonugroho, SH

Tema                                     : Writing is My Passion Produktif di usia senja

 

                Puji Syukur kepada Tuhan atas segala kebaikannya sehingga aku dapat mengikuti acara pelatihan hari ini. Tema pelatihan ini sangat menarik bagi ku karena sesuai dengan usiaku saat ini yang sudah senja.

Pelatihan dibuka dengan salam sapa dan doa oleh moderator .  sangat pawai moderator menyampaikan  susunan acara pada malam hari ini, yaitu:

1. Pembukaan

2. Paparan Materi

3. Tanya Jawab

4. Penutup

Uraian Kegiatan :

1. Pembukaan

Pelatihan dibuka dengan salam sapa dan doa oleh moderator .  sangat pawai moderator menyampaikan  susunan acara pelatihan.

     Tak lupa pula moderator menjelaskan  Bio data nara sumber yang akrab disapa dengan sebutan  Bunda Kanjeng.  Adapun bio data nara sumber adalah adalah sebagai berikut:

 Sri Sugiastuti , lahir di Semarang, 8 April 1961.

lulus SMA tahun 1980. Kuliah di UNS, lanjut S-2 di UMS dan lulus tahun 2010.

Sempat mengajar di Jakarta hingga 1990. Namun, cinta dan tanggung jawab beliau terhadap keluarga membawanya hijrah ke Solo.

 Sejak 2 Juli 2018, mendapat amanah sebagai Kepala SMK Tunas Pembangunan 2 Surakarta.

 Aktif  di berbagai komunitas literasi, telah menghasilkan 51 karya buku Solo dan seratus lebih buku Antologi.

 Ia sering diminta untuk menjadi juri dalam lomba pembacaan puisi, pantun, cerita rakyat, ataupun esai yang digelar Perpusda Sragen, Sukoharjo, dan Solo. Selain itu, beliau juga aktif dalam organisasi PGRI

Buku yang diterbitkian oleh Penerbit mayor membuatnya bersemangat berbagi ilmu yang dimiliki. Buku Seri Pendalaman Materi Bahasa Inggris untuk SMK yang diterbitkan Erlangga membuat kecintaannya terhadap dunia menulis semakin membara.

 Buku terbarunya bersama Prof Eko Indrajit yang berjudul “ Cerdas Berkarakter Menyongsong Generasi Emas Tahun 2045” didedikasikan untuk Guru dan generasi penerus.

Setiap tahun selalu terbit 3-5 buku solo untuk memperkaya khasanah dunia literasi di Indonesia. Ia juga sering berbagi ilmu kepenulisan baik secara luring maupun daring. Ia punya branding Writing is My Passion.

Founder PMA Literasi Istikamah dan mendapat gelart sebagai Ratu Antologi versi Pegiat Literasi Nusantara khususnya di kelas Belajar Menulis Nusantara bersama Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd dan Tim Solidnya.

Ia ada di berbagai komunitas Menulis bergengsi yang ada di Indonesia. IIDN, SPK, RVL, YPTD, dan KBMN dan masih banyak lagi. Ia sangat bersemangat membangun dunia literasi para guru di Nusantara.

Dapat dihubungi di surel srisugiastuti1961@gmail.com, WA 089692593804, dan blognya www.srisugiastutipln.com. Jejak digitalnya bisa dibaca di  akun google yang dimiliki.

 

2. Paparan Materi

Alasanya Bunda Kanjeng mau berkiprah di KBMN PGRI adalah;

a.  Berkiblat dari pengalaman Bunda kanjeng yg sudah tidak muda lagi tetapi masih ingin tetap

     eksis di dunia literasi.

                b.  Suka duni literasi sejak SMP punya buku terutami kumpulan lirik lagu-lagu.

                c.  Senang membaca sejak SD; Kuncung, Gadis.

                d.  sejak usia dini dalam keluarga Bnda kanjeng sudah ditanamkan cinta literasi.   

Mendapat julukan ratu Antologi di dunia Kelas Belajar Nusantara karena semua buku yang dikawal beliau  dapat terbit semuanya. Harapannya anggota KMN -29 ini kreatif, produktif dan mau mengajak yang lain untuk menulis antologi.

Kapan menulis lagi? Mulai menulis lagi, usia 50 tahun. Setelah jeda 25 tahun

Ambil S2 dalam waktu  3 tahun sesuai  dengan jurusan .  

Setelah mengenal IT  dikompori temannya yg menulis di Gramedia. Rajin menulis Mediasi Media Buku pertamanya berjudul Historis Of Wonder Women.

Mengikuti berbagai kegiatan adalam hal menulis.

Berkomitmen untuk menjadi pegiat literasi.

Berbagi 5 buah  buku bagi pesereta KBMN 29 yang memenuhi syarat untukmenambah metifasi

3. Tanya jawab.

                Dalam tanya jawab penulis sengaja menulis semua pertanyaan  dengan nama  dan asal penanya guna meneguhkan bahwa peserta KBMN 29 berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan antusia untuk mengikuti kegiatan ini.

 P1

Endang Ratna Juwita dari Bogor.

1.Bagaimana cara bunda kanjeng bisa tetap konsisten dalam menulis.

2.Apa kesulitan paling besar yg bunda alami dlm menulis.

                1. Bila ada kejadian langsung ditulis. 

              Menulis adalah suatu kebutuhan bukan suatu kewajiban

                Menjadi penyemangat bagi yang lain

                2. ada topik yang akan ditulis tapi materinya kurang.  Atau ada topik yang ingin ditulis tetapi kuraang nyaman atau kurang srek. Jadi istirahat dulu, ditinggal dulu.

 P2

Resi Dwi Yurianti, S.Pd asal daerah Cimahi Jabar.

 bagaimana kiat2 atau motivasi agar keinginan menulis selalu muncul ketika kita lelah dan kehabisan ide?

Ingat menulis dan berbagi kebaikan dengan menulis adalah profesi mulia.

Ketika kita lelah, jangan dipaksa. Rehat sejenak. Lalu kembali pada komitmen.

Tujuan kita menulis untuk apa?

Jangan takut bila tulisan kita jelek atau tidak ada yang membaca.

Bisa juga bila lelah, solusinya dengan membaca yang ringan. Entah itu puisi atau sekadar kisa anekdot atau pentigraf ( xerpen tiga paragraf

P3.

Anis Trenggalek Jatim

Semisal kita mengumpulkan lirik lagu bahasa Inggris. Apakah itu bisa dikategorikan atologi? Kalau bisa, berapa banyak judul lagu jumlah minimalnya?

.               Lirik lagunya karangan ibu atau punya orang lain? Minimal seperti 45 judul. Atau pakai angka cantik. Misal 77 syair terindah versi...

P4

Fifi-Padang.

Bagaimana cara menjadikan menulis sebagai possion, dengan kemampuan menulis yang masih rendah.

                Yang mengukur kemampuan kita itu orang lain, jangan rendah diri.  Setelah menulis dibaca lagi, harus dibangun keinginan menulis dibuatkan kerangkanya. Bisa dengan model maping.

P5

Mayarina.

Bagaimana cara agar kita bisa mengasah kemampuan menjadi seorang kurator dan editor. Maaf Bu.  Untuk saat ini saya kan lagi nulis. Apakah tulisan saya bisa saya kurator sendiri.?

             Tulisan bisa dikurator sendiri. Nantinya akan menjadi buku solo.

P6

 Mengenai buku antologi bagaimana cara membuatnya karena itukan seperti  bunga rampai yg terdapat beberapa pengarang. tapi saya belum menemukan orang-orang yng diajak nulis bareng bu.

Silakan bergabung di banyak komunitas yang mengajak untuk menulis buku Antologi dengan berbagai tema.

Ada saya sebagai PJ atau yang mengawal proses kelahirannya

P7

Saya Seliweliani, S.Pd. dari Bekasi

Mohon izin saya menyampaikan materi malam ini sangat inspiratif. Dan membuat diri ini semakin ingin terus menulis.

Pertanyaan saya,

1. Alhamdulillah saya pernah menulis beberapa buku tapi masih bersifat Antologi. Dan ternyata itu kita harus bermodal materi juga. Tp saya ikuti . Walau akhirnya saya berhenti karena hrs siap modal. Bagaimana caranya jika ingin menjadi penulis solo?

2. Apakah benar kita untuk menjadi penulis solo selain terampil menulis juga harus mempunya modal materi? (Karena saya pernah ditawarkan untuk menulis kumpulan cerita anak namun ternyata modal materi yang harus saya siapkan cukup besar. Dan saya tidak sanggup) Di situlah saya jadi harus nabung dulu untuk mencoba menulis lagi. Mohon pencerahannya 🙏🏻

Terima kasih untuk pertanyaannya dan keinginan yang kuat untuk naik kelas dari penulis buku Antologi menjadi penulis buku solo. Dan berkenaan dengan biaya. Memang satu kegiatan itu harus didukung dengan dana. Tentu saja tergantung skala prioritas masing-masing.

Pertanyaan nomor 2. Untuk menerbitkan buku Solo biaya fleksibel tergantung kemampuan dan jumlah yg ingin diterbitkan minimal 5 buku 

 P8

Samsul huda  Asal: Kab. Tapin

Apa yang menjadi penyemangat Ibu ketika banyaknya aktifitas menulis yang dilaksanakan dengan adanya juga tugas sebagai pengajar dan Ibu rumah tangga

Apa kabar Pak Samsul? Semangat itu harus dijaga. Syaratnya jangan keluar dari dari grup komunitas menulis. Harus saling menyemangati.dan punya keinginan untuk berprosee naik kelas

P9

Pipi Miralini- Bekasi

1. kapankah kita tahu bahwa tulisan kita layak untuk dijadikan sebuah buku?

2. Apakah ada tips dan trik supaya lebih cepat mengenal gaya tulisan kita sendiri?

Layak tidak nya tulisan menjadi buku bila  sudah memahami anatomi buku dan menggunakan standar penulisan. Tetapi jangan khawatir karena ada editor  dan saya siap kawal

Tipnya. Be yourself. Suatu saat orang akan merindukan tulisan ibu.

 P10

Bu Ratna dari Depok. Bagaimanakah cara memulai menulis untuk guru pemula karena masih ragu dan canggung apakah tulisan yang dibuat sudah sesuai standar penulisan?

Jangan pernah ragu untuk  menulis. Tulis lah apa yang disukai dan kuasa. Misal senang bermain layang- layang.  Anda suka dan menguasai? Silakan Tulis pasti bermanfaat,  gunakan 5W 1 H. Nanti di materi yang saya bagikan cukup lengkap

P11

Euis Nurmayanti dari Jakarta

Hal-hal apa sajakah yang harus diperhatikan ketika kita menulis cerpen supaya menjadi sebuah cerpen yang bisa dinikmati oleh pembacanya?

Agar cerpen menarik ada tokoh antagonis, ada konflik ada klimak yang tak terduga. Banyak  menggunakan gaya bahasa bukan how to tell tetapi lbh ke how to show.

Ada juga dialog yang membuat penasaran dan harus nyambung. Karena  cerpen itu sari pati dari sebuah novel. Ada tokoh dgn karakter kuat yang menarik pembaca.

P12

Saya dengan Abidah dari Alor, NTT.

 

Menulis satu buku solo kan tidak mudah, minta tips dari Bunda dong, kira-kira apa saja yg perlu kita targetkan atau sebagai penulis kita harus mempersiapkan apa saja supaya buku solo ini selesai dan tidak terlupakan.

Ibu Abidah yang ada di Alor doakan saya bisa berkunjung kesana ya, NTT sangat luar biasa.

                Mulai dari kehidupan sehari-hari misalnya kisah perjalaan.

Harus punya komitmen, harus punya target

P13

Saya Minawati dari Aceh,

Bagaimana  cara memanage waktu yang baik untuk ibu menulis?🙏

                Suka ngemil dalam menulis, sedikit demi sedikit namun punya target, ada kerangka.

P14

1. Bagaimana cara Bunda membagi waktu untuk menulis dan melakukan pekerjaan sebagai kepala sekolah dan ibu rumah tangga.

2. Adakah waktu yang efektif untuk menulis?

3. Apakah masih bisa mengumpulkan resume pertama malam ini?

 

4. Penutup.

 

    Bunda Kanjeng mengingatkan supaya tetap menjaga semangat, dan memberitahukan bahwa setiap peserta nantinya akan punya hak mendapatkan mentor yang akan menngawal guna menerbitkan buku.

    Jangan keluar dari grup.

     Burung irian burung cenderawasih. Cukup sekian terima kasih.

Semoga bermanfaat.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Christiana Sutarmi. RESUM ke-1