RESUME KE 28 KBMN-29 BLOG SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI 

REFLEKSI DIRI SISWA OLEH CHRISTIANA SUTARMI, S.Ag

Hari, Tanggal : Senin 28 Agustus 2023

Resume ke     : 28

Gelombang    : 29 

Tema              : Blog Sebagai Media Komunikasi

                        Refleksi diri siswa

Narasumber  : Bambang Purwanto,S.Kom,Gr

Moderator     : Purbanasita Kusumaningtyas, S.Pd         




        Puji Syukur saya haturkan pada Tuhan yang maha Kuasa atas segala anugerahnya sehingga pada malam ini dapat mengikuti perkuliahan yang dimoderatori oleh Bu Sita yang memiliki nama lengkap Purbanasita Kusumaningtyas, S.Pd.

    Narasumber, Mr.Bams sangat luar biasa.  Perprofesi sebagai guru.  Guru yang selalu berinofasi.  Mau melaksanakan semua pekerjaan dan pelatihan serta bimtek selalu diikuti selagi ada kesempatan. Hal inilah yang menghamtarkan Mr. Bams menjadi narasumber yang hebat.

    Perkuliahan kali ini berbeda dengan biasanya. Mr. Bams menjelaskan tentangBlog Sebagai Media Komunikasi Refleksi diri siswa.  Apa yang diajarkan malam ini merupakan pengalaman nyata bersama siswanya tingkat SMP dari kelas 7 hingga kelas 9.  

    Beliau memberikan link-link blog yang dipergunakan sebagai media komunikasi refleksi per kelas.

    Sebagai salah satu link adalah :

https://penamrbams.id/poin-refleksi-diri-kelas-9b-smp-taruna-bakti-bandung-semester-ganjil-ta-2023-2024/ 



    Penjelasan materi selanjutnya adalah sebagai berikut :

https://penamrbams.id/informatika-kelas-7a-semester-ganjil-smp-taruna-bakti-2023-2024/


      


   

Refleksi Diri Siswa

Pada saat akhir pembelajaran setiap siswa diminta untuk menuliskan refleksi diri. Isi dari refleksi diri adalah perasaan siswa dan apa saja yang didapat dan dirasakan oleh siswa. Selain itu siswa bisa memberikan masukan kepada gurunya (Mr. Bams) agar bisa tampil mengajar dan melayani siswa dengan baik.

Pertanyaan Refleksi Diri

Tuliskan dalam bentuk paragrap. Apa yang dipelajari hari ini? Silahkan dijelaskan. Materi apa yang masih menjadi kesulitan bagi kalian (harus dijelaskan kembali)? Bagaimana perasaan kamu saat belajar bersama Mr. Bams? Adakah masukan untuk  Mr. saat pembelajaran hari ini? Kalau ada jelaskan. Mohon jelaskan dengan kalimat lengkap tidak dalam bentuk jawaban sebuah pertanyaan. Contoh : Hari ini saya ulangan bab 1. Sebelum ulangan Mr. Bams menjelaskan tujuan ulangan tidak hanya mendapatkan nilai, akan tetapi melatih kejujuran dan kepercayaan diri. Hari ini perasaan saya sangat senang belajar Mr. Bams karena sebelum dan selama ulangan berjalan dengan lancar. Masukannya kalau bisa ulangannya tidak esai semua.

 Isian ini  diolah menggunakan excel. Setiap siswa yang mengisi akan mendapatkan poin 10. Oh iya, tahun ini 2023/2024 menjadi 15 poinnya. Poin bisa dikonversi ke Nilai. Nilai Refleksi diri saya buat kesepatan dengan anak-anak bisa menjadi Nilai Ulangan atau Nilai Tugas.

 Mengolah di excel tidaklah mudah. Bayangkan bapak-ibu guru, saya harus melakukan ini per minggu karena poin akan terus diakumulasi

 Contoh

Kelas 7A punya siswa 5 orang. Anggap saja A, B, C, D dan E.

Minggu Pertama

A Mengisi P=15 N=100

B Tidak Mengisi P=0 N=0

C Mengisi P=15 N=100

D Mengisi P=15 N=100

E Mengisi P=15 N=100

[19.37, 28/8/2023] +62 888-0940-5468: Minggu Kedua

A Mengisi P=30 N=100

B Mengisi P=15 N=50

C Mengisi P=30 N=100

D Mengisi P=30 N=100

E Mengisi P=30 N=100

B Mengisi poin nya baru 15 Nilainya 50 dari mana ?

( 15 / (15 x 2) ) * 100

 ( Poin yang didapat / ( 15 x jumlah pertemuan) ) * 100

 Nah apa saja keuntungannya ?

 Bagi Siswa

1. Disiplin melakukan pengisian secara rutin diakhir pembelajaran

2. Melatih praktik kemampuan menulis

3. Hasil tulisan bisa dibaca ulang

4. Bagi yang tidak hadir bisa mendapat gambaran proses kegiatan pembelajaran

 Bagi Guru

1. Seberapa taat siswa menulis refleksi diri, sehingga siswa disiplin untuk menulis setiap minggunya

2. Mendapatkan masukan dari siswa tentang pembelajaran

3. Memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat atau menyampaikan perasaannya

4. Alat ukur kedisiplinan

 Contoh : Refleksi diri kelas 7A pada tanggal 21 Agustus 2023

Hari ini saya belajar cara membuat folder/file. hari ini sangat seru karena saya mempelajari hal baru yang belum saya lakukan sebelumnya. saya senang bisa mempelajari hal baru ini. dan kita juga ada tugas tapi saya tidak mengerti mr Bams ngomong apa karena tidak kedengaran.

Tulisan di atas ditulis oleh Absen 21 Kelas 7A

 Contoh : Refleksi Diri kelas 7A absen 22 pada tanggal 21 Agustus 2023

Hari ini aku belajar bersama Mr.Bams. Aku diajarkan untuk membuat folder dan save file ke folder. Penjelasan Mr.Bams sangat mudah dimengerti. Mr.Bams sangat sabar saat mengajar kelas 7A yang ributnya seperti pasar malam. Pelajaran hari ini asik banget. Aku suka Informatika karna gurunya (Mr.Bams) yang supportive banget. Makasih buat Mr.Bams udah ngajar 7A.

Nah dari dua tulisan ini saya tadi pagi ada jadwal bersama kelas 7A membahas tulisan ini terlebih dulu. Refleksi diri bagaikan umpan balik kepada guru yang bisa direspon di minggu berikutnya.

 Di SMP Taruna Bakti hanya saya yang menggunakan Refleksi Diri dan diolah kemudian ditampilkan di website penamrbams.id. Selayaknya guru bisa memberikan inspirasi kepada muridnya agar murid bisa tumbuh lebih dari para gurunya saat disekolah.

 Hal yang menarik dilakukan adalah membaca refleksi diri saat mau tidur. Senangnya bisa membaca tulisan anak-anak yang kadang bisa membuat tersenyum, senang, bahagia bahkan kadang terharu dan menitikan air mata. Serasa tak percaya kok bisa ya seperti ini.

Pada hari ini, kita pada awal pembelajaran melakukan ice-breaking di Quiziz mengerjakan 3 soal nomor, kita juga hari ini mencoba membuat satu program javascript di notepad dan jika sudah jangan lupa copy paste dan masukkan hasil programnya ke Word, masukkan pula ke Google Drive kita masing-masing, hari ini tidak ada masukan dari saya, Mr. Bams jangan lupa untuk menjaga kesehatan bapak dan istirahat yang cukup, Ancel tau bapak sedang banyak adanya pekerjaan dan tugas. Semoga hari-hari dan kegiatan kita semua dilancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Nah yang menariknya dari tulisan yang dibuat anak-anak maka munculah empati. Lihat dan baca kalimat diakhirnya ada yang memberikan doa (tanpa diminta). Ini keren lho, kita bisa melahirkan murid yang punya hati mulia, untuk selalu mendoakan orang lain.

 Contoh refleksi siswa:

hari ini saya sangat senang bisa belajar kembali bersama mr bams di lab tik kita belajar tentang kepercayaan diri,saling menghargai dan menyenangkan orang lain dan hari ini pembelajaran materi nya masih belum terlalu serius kita tdi hanya belajar elemen dasar dan menghafal kan lalu kita juga memrefleksi saat di akhir hari ini juga saya sangat merasa termotivasi dan semakin semangat untuk belajar tik saya juga kagum pada mr bams karena di berhasil membantu saya lebih percaya diri dan mr bams juga berhasil memperbarui web penamrbams dan semakin bagus saat diawal awal pembelajara saya sangat senang karena bisa dapet poin yang banyak saya juga membantu menjawab pertanyaan mr bams

ini tulisan yang ditulis oleh kelas 9 diawal pertemuan pembelajaran

Minggu depannya saat ketemu kembali dikelas, saya bisa memberikan saran. Saya berikan saran untuk memperhatikan huruf besar di awal kalimat. Perhatikan titik.

Sekarang tibalah saatnya tanya jawab yang saya rangkum sebagai berikut:

 P1 Saya mayarina.dr SMP N 1 Kisaran

Pak kalau biaya buat websitenya di bebankan ke kita wah.... Ga kukulah pak. Apakah bapak biaya pertahunnya dari sekolah?

Refleksi untuk siswa SD kelas rendah baiknya  seperti apa ya?

 J1. Ibu Mayariana yang baik hatinya.

Biaya website saya ambil dari pendapatan sertifikasi, jadi tidak menggangu keuangan pribadi. Selama kita yakin bahwa melakukan kebaikan untuk kemajuan pasti ada jalannya.

 P2

Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatu, ijin bertanya.

Saya bu Aripa dari Muaro Jambi.

Keren sekali materi kita malam ini, terpesona sama ilmunya 😊. Hebat ya Mr. Bams, tinggal klik klik aja.

Inspiratif sekali Mr. Saya dari dulu melakukan refleksi jika selesai satu semester itu pun pakai kertas satu lembar per siswa. Dengan tulisan tangan. 

Boleh di contek ni Mr?..

Kapan ya Mr. Mulai melakukan Refleksi diri dengan blog?...

J2

Waalaikumsalam warahmatullahi wa barokatu

Bu Aripa di Jambi yang luar biasa

Silahkan ibu Aripa tanpa ijin website penamrbams.id sudah halal buat semuanya. Saya mengikhlaskan tanpa diminta. Untuk memulai diblog pelan-pelan saja, yang mampu saja dulu. Sehingga nanti terbiasa untuk menjadi blog teman kita dalam menemani murid-murid belajar.

 P3

 Dari Bunda Helwiyah. Refleksi untuk siswa SD kelas rendah baiknya  seperti apa ya?

Saat ini refleksi jadi hal penting dalam pembelajaran .... 😀

J3

Ibu Helwiah yang super semangat.

Refleksi Diri di kelas rendah bisa dengan lisan, tidak harus semuanya. Bisa juga melalui tulisan yang sudah disediakan. Contoh

Sediakan kertas sebanyak siswa. Berikan pertanyaan

Bagaimanakah persaan kalian belajar bersama ibu?

A. Senang sekali

B. Senang

C. Biasa

Kemudian anak-anak tersebut menulis di kertas. Nah selanjutnya pasti punya ide yang lebih dari ini. Selamat mencoba.

Di sekolah saat ini Mr. Bams juga sebagai koordinator Literasi. Program setiap harinya adalah
1. Senin Membaca Kitab Suci
2. Selasa Cerita Pagi
3. Rabu Membaca Buku Pilihan Pribadi
4. Kamis Membaca Bergiliran Buku Pilihan Kelas
5. Jumat Membuat Cerita

Website http://literasi.smp.tarunabakti.sch.id/
 Kegiata diluar
1. Sekretaris Umum Media Satuguru Indonesia
 Apa yang kembali kepada kita adalah sebuah amanah untuk di jalan semakin baik. Belajar terus menjadi kunci untuk menjalani hidup ini. Lakukan semuanya dengan penuh kasih sayang. Seperti kasih sayang dari Sang Kuasa yang tak pernah berhenti
Menjaga perasaan biasa saja adalah sikap yang baik, karena segala puji hanya milik Allah.
 Materi yang luar biasa ya bapak ibu, ilmu hari ini daging semua. Kita coba bersama-sama di sekolah kita masing-masing

 Closing statement disampaikan Mr. Bams:
 Mari Belajar Tiada Henti

Berbahagialah dan beruntunglah bagi kita semua yang dinyatakan memiliki profesi guru. Profesi yang sangat mulia untuk dijalankan di mana saja. Guru yang membuat anak-anak bisa belajar dari tidak bisa menjadi bisa. Dari kurang menjadi cukup. 

Yakinkanlah bahwa kita mengajarkan mahluk hidup yang mulia, seorang manusia bukan sebuah robot yang bisa kita perintahkan ini dan itu. Maka selayaknya kita selalu berkomunikasi kepada Sang Pengerak dari mahluk tersebut. 

Mengisi bathin dengan spiritualitas tinggi tak tergantikan dengan teklogi secanggih apapun. Jadilah pemilik panggung di kelas bersama anak-anak yang hebat. Anak-anak yang kelak akan memimpin negeri ini.

Terbarkan kasih sayang disetiap detiknya, karena kasih sayang kita tak pernah marah dan mengeluh dengan keadaan. Kekuatan ilahi akan menemani kita guru-guru yang mau berpikir, belajar dan mempraktikan hal-hal yang baru untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Refleksi Diri tak akan berguna bila tidak ditindaklanjuti. Semoga materi ini bisa bermafaat untuk kita semua.

Bila kita haus maka carilah AQUA, karena Aku ada untukmu
Bila AQUA tidak ada maka carilah AMIDIS, karena Aku mikirin dirimu selalu
Bila keduanya tidak ada maka carilah PRIMA agar ada Perasaan Rindu Bersama

Hari kamis bawa palu, I miss you

Salam Bahagia
Mr. Bams
www.penamrbams.id

Sungguh lua biasa, semoga saya dapat melaksanakan walau hanya kecil. 
Mari kita berbagi kebaikan melalui tulisan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KBMN PGRI-29. RESUME ke 19. TEHNIK PROMOSI BUKU Oleh Christiana Sutarmi, S.Ag

Resum ke -16 KMBN-29 Menulis Buku Cerita Digital oleh Ch. Sutarmi,S.Ag