Resume ke 8. KBMN -29.Komitmen Menulis Di Blog. Oleh Ch. Sutarmi


*KMN PGRI 29*             Pertemuan Ke : 8

Materi              : Komitmen Menulis Di Blog 

Gelombang      : 29

Tanggal            : 12 Juli 2023

Narasumber     : Drs. Dedi Dwitagama, M.Si.

Moderator        : Dail Ma'ruf, M.Pd 

 

Puji Tuhan,  pada pertemuan ke-8  KBMN PGRI 29 yang dilaksanakan pada Rabu, 12 Juli 2023 malam, saya mendapat ilmu baru lagi, sehingga menambah wawasan dalam menulis di blog. 

Materi yang disampaikan oleh pak Drs. Dedi Dwitagama, M.Si dengan panduan dari moderator pak Dail Ma'ruf, M.Pd sangat bagus sekali. Judulnya ialah Komitmen Menulis Di Blog. 

Blog adalah tempat/wadah untuk mencurahkan uneg-uneg, bisa berupa informasi, pengalaman ataupun yang lainnya.

Apa saja yang dianggap penting bisa ditulis pada blog. Terkadang yang menjadi masalah terbesar ialah bukan cara membuat blog tetapi bagaimana mengisi blog itu atau apa yang harus diisi pada blog. 

Komitmen dalam blog berarti seseorang harus aktif terhadap blog yang sudah dimiliki. Aktif yang dimaksud ialah harus mempunyai prinsip dan target bahwa blog saya ini tidak boleh dibiarkan kosong, harus digunakan dengan baik sehingga bisa menjadi seorang blogger yang sukses. 

Dalam belajar, kerja, atau apapun itu semuanya harus ada komitmen agar tercapai apa yang diinginkan. Apalagi dengan menulis di blog maka juga tentunya diperlukan sebuah komitmen agar tercapai tujuan kita.

Ketika sesi pertanyaan dibuka ada teman yang menanyakan  tentang cara / trik supaya pengunjung (viewers) banyak melihat blog kita dan menjadi salah satu pertanyaan terbaik dipilih moderator. 

Ini merupakan salah satu pertanyaan yang dibahas ketika daring tadi malam bersama anggota KBMN PGRI 29. Nah bagaimana solusi untuk menjawab pertanyaan tersebut.

 Hasil papaparan narasumber saya mengambil benang merah sekaligus untuk menjawab soal dial atas ialah sebagai berikut:

1. Blog adalah rumah digital kita sendiri di mana kita bebas untuk mengisinya dengan apapun itu sehingga orang yang baca bisa tertarik. Terserah dari si pemilik yang mengemas tulisan dan blognya menjadi menarik.

2. Ketika sudah memiliki blog jangan dibiarkan sunyi sehingga seperti sarang laba-laba. Isilah rumah digital itu dengan karya-karyamu.

3. Cara membuat pengunjung (viewers) banyak yaitu dengan sering mengunjungi blog dan tinggalkan komentar pada blog orang lain. Hal ini agar orang juga melihat blog kita dan bisa jadi akan membalas komentar kita juga

Di era sekarang sudah banyak muncul aplikasi-aplikasi selain blog ada juga youTube, Twitter, Facebook dan lain-lain. Semuanya tergantung dari style dan kemampuan kita. Jika kita memang bisanya di blog maka kembangkanlah. Bisa jadi itu yang akan menjadikan kta sukses.

Jika memang blog tidak banyak pengunjung meskipun sudah lakukan seperti cara yang di atas, berarti style kita bukan pada bolg. Cobalah ganti dengan pengembangan pada youtube. Bisa jadi kita adalah orang yang sukses menjadi youtuber bukan blogger. Setiap orang memiliki hak untuk mencoba sendiri apa yang bisa menjadi bakatnya. 

 









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Christiana Sutarmi. RESUM ke-1

RESUM ke -2 Oleh Christiana Sutarmi