KBMN PGRI-29. RESUME ke 19. TEHNIK PROMOSI BUKU Oleh Christiana Sutarmi, S.Ag



Hari, tanggal               : Senin, 7 Agustus 2023

Narasumber                 : Akbar Zainudin,MM,MNE

Moderator                     : Mulyadi

       Puji Tuhan malam ini KBMN -29 pertemuan ke -19 dapat mengikuti tanpa kendala yang berarti. 

    Benar sekali produk tulisan kita dalam bentuk apapun tak jika tidak dikenal banyak orang hanya akan menjadi pajangan dan pemanis etalase.

Segala kisah, ide, pemikiran yang kita tuangkan dengan penuh perjuangan hanya akan jadi sebatas karya yang hanya kita genggam sendiri.  Teknik promosi buku yang mudahsangat dibutuhkan.  Jadi ikuti kegiatan malam ini dengan senang hati.

                Mengawali kegiatan . Sebuah pantun cakep dari pak Muiadi untuk peserta:

Minum segelas air hangat

Biar manis tambahlah cokelat

Assalamualaikum wahai sahabat

InsyaAllah Bersama pak Akbar bikin semangat

Berikutnya Pak Muliadi memperkenalkan narasumber denngan profil sebagai berikut:



Pembahasan Materi:

STRATEGI PROMOSI BUKU

APA ITU PROMOSI BUKU

Promosi adalah cara kita memberikan informasi tentang produk kepada konsumen agar mereka tertarik dan mau membeli produk kita. Promosi buku adalah cara kita mengenalkan buku yang kita miliki kepada audiens kita agar mereka tertarik dan mau membeli.

 MENGAPA PROMOSI BUKU ITU PENTING

Promosi buku itu penting karena sebagus apapun buku kita kalau konsumen atau audiens tidak mengetahui produk kita, maka mereka tidak akan tertarik, apalagi mau membeli buku kita.

Beberapa tujuan dari promosi buku adalah:

1.            Membuat audiens mengenal (tahu) buku kita.

2.            Membangkitkan kebutuhan konsumen untuk membeli buku kita. Bagaimana caranya 

                yang tadinya mereka tidak butuh, tetapi setelah kita promosikan menjadi butuh.

3.            Meyakinkan konsumen untuk membeli buku.

4.            Mengharapkan konsumen agar mau merekomendasikan buku kita kepada orang lain

TUJUH PROGRAM PROMOSI BUKU.

Program promosi bisa dilakukan oleh penerbit maupun penulis.

1. LAUNCHING BUKU.

Adalah program untuk meluncurkan buku baru. Bisa di aula, masjid, lembaga pendidikan, hotel,             di mana saja. Yang mengadakan bisa penerbit maupun penulis. Yang membiayai launching buku             siapa? Bisa penerbit, bisa penulis. Kita perlu meyakinkan penerbit kalau buku kita akan laku,                 karena itulah mereka perlu menyelenggarakan program launching buku.

Kalau di Gramedia, di toko-toko buku mereka ada tempat untuk launching buku. Kita bisa                     memanfaatkan tempat ini. Jadi kita promosikan acaranya, tempatnya di toko buku Gramedia.

Sekarang ini program launching buku semakin mudah. Dengan adanya Media Sosial, kita bisa                 melakukan program launching buku ini bahkan dari rumah. Bisa melalui FB, IG, ataupun                         Youtube.

Buat saja program LAUNCHING BUKU, live di FB, IG, atau Youtube. Undang kawan-kawan                 kita. Ajak mereka berpartisipasi. Launching buku kalau perlu setiap bulan. Kan ngga harus                     sekali. Bulan ini Launching Pertama, Bulan depan Launching kedua, ketiga, dan seterusnya.                 Kalau setiap bulan kita launching buku kita, setahun kita sudah 12 kali launching buku. 

2. BEDAH BUKU.

 Bedah buku adalah acara diskusi untuk membedah isi buku kita. Bedah buku ini bisa secara online maupun offline. Offline artinya kita menyelenggarakan bisa bekerjasama dengan berbagai lembaga. Lembaga pendidikan, perpustakaan, majlis taklim, masjid, dan sebagainya.

Pokoknya, di semua tempat dan situasi yang memungkinkan, kita tawarkan bedah buku. Berapapun yang hadir, kita selenggarakan terus menerus. Apalagi sekarang ini eranya digital. Bukan berapa orang yang hadir yang penting, tetapi direkam lalu diupload di Medsos acara kita. InsyaAllah akan semakin membuat orang mengenal kita.

Sekali lagi, yang lebih mudah sekarang ini adalah bedah buku secara online. Kita undang orang-orang untuk ikut acara bedah buku bersama kita. Bisa di FB, IG, WA Grup, Zoom, dan sebagainya

3. KETIGA, SEMINAR ATAU PELATIHAN

Lakukan seminar ataupun workshop sesuai dengan tema buku kita. Kalau saya bukunya motivasi dan menulis. Maka saya secara berkala menyelenggarakan seminar dan diklat terkait motivasi dan menulis.

Seminar atau workshop ini, pertama-tama bolehlah dilakukan gratis. Karena target kita adalah mengenalkan buku kepada para peserta. Lakukan secara kontinyu, misalnya sebulan sekali. Kalau misalnya bisa offline, laksanakan di sekolah misalnya. Kalau tidak bisa offline, lakukan secara online. Bisa via WA, Zoom, FB, IG, dan sebagainya.

4.  MEMBANGUN KOMUNITAS

Komunitas yang kita bangun adalah komunitas yang kita sesuaikan dengan tema buku kita. Kalau buku kita temanya motivasi, maka kita tuliskan buku-buku tentang motivasi. Buku tentang guru, maka bangun komunitas guru. Buku tentang menulis, bangun komunitas menulis. Buku tentang Ice Breaking, bangun komunitas Ice Breaking. Buku tentang bahasa, bangun komunitas bahasa. 

Komunitas membuat kita lebih dekat dengan pembaca sehingga memudahkan kita untuk menawarkan mereka dalam membeli buku. 

Saya sendiri membangun banyak komunitas, ada komunitas guru, menulis, santri, remaja, bisnis, dan sebagainya. Semua komunitas itu ada bukunya. Saya share materi-materi yang ada di buku secara berkala, biasanya seminggu sekali, sehingga anggota komunitasi ini mendapatkan manfaat. Biasanya saya bentuk di WA Grup. 

5.  MEMBANGUN JARINGAN RESELLER

Reseller adalah orang-orang yang mau menjualkan buku kita dan mendapatkan buku dari hasil yang terjual. Kita berikan 20-30 persen komisi dari harga jual. Misalnya harga jual buku kita Rp 100.000, kita kasih 20-30%, kita berikan materi-materi yang terkait buku kita, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk menjual.

Dewa Eka Prayoga, berhasil menjual 10.000 buku hanya dalam waktu 2 minggu melalui reseller ini. Tentu resellernya saja puluhan ribu, berbagai produk. Kalau kita sudah punya jaringan reseller, akan memudahkan kita menjual buku. 

Saya juga sedang membangun jaringan reseller ini. Belum banyak, baru sekitar 100an orang. InsyaAllah akan terus bertambah.

6. JUALAN DI MARKETPLACE

Buka toko di marketplace (Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya). Membuka toko di marketplace akan meluaskan promosi dan distribusi kita.  

Yang penting keberadaan kita dan buku kita ada. Itulah pentingnya ada di marketplace. Jadi kalau ada orang mencari judul buku kita, bisa ditemukan

7. MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL (Medsos) untuk promosi buku.
 
Manfaatkan sebaik-baiknya followers dan subscriber dengan memberikan informasi tentang buku. Setiap hari, kita buat status terkait tema buku yang kita tulis, sehingga orang semakin paham dengan buku yang kita tulis. 

Dan jangan setiap hari isinya jualan. Lebih banyak sharing-sharing, baru selling. Lebih banyak memberikan pengetahuan kepada para pembaca sehingga mereka merasa ada manfaat menjadi followers kita. 

Sharing-sharing apa saja, kalau perlu sesuai dengan kebutuhan mereka. Sehingga setiap hari, semakin lama akan semakin ada ikatan dengan pembaca. Kalau sudah begitu, akan memudahkan kita dalam proses memengaruhi pikiran orang dalam membeli buku.

Jadi, pada dasarnya kita ini memengaruhi orang agar mereka mau menjadikan buku sebagai kebutuhan utama. Dan memang, membaca akan banyak membuka wawasan, pengetahuan, dan pilihan dalam mengambil keputusan. 

Dengan bersama-sama membangun kebutuhan akan membaca, maka akan memudahkan kita dalam proses menjual buku.

Pak Akbar juga sudah membuatkan video pembelajaran tentang materi ini, yaitu 7 Cara Promosi Buku biar Jadi Best Seller..

link vidionya adalah:  https://youtu.be/lZhAixv86wA

Sesi Tanya Jawab :
P1
Assalamu alaikum warohmatullahiwabarokatuh, nama saya Darti dari jakarta Utara. Mohon izin bertanya. penjelasan bapak akbar sangat jelas dan lugas namun pastinya buku yang dijual harus sangat berbobot, kira kira bagaimana cara memilih topik yang disukai oleh pembaca. Terimakasih
Jawab:
memperhatikan kebutuhan pembaca.  Menulis berdasarkan kebutuhan pembaca.

P2 
 Assalamu'alaikum, Saya Intan dari Kediri. Sebelum sampai pada tahap promosi buku, saya mohon izin untuk menanyakan tentang bagaimana naskah buku dikatakan siap diterbitkan?
 bagaiman proses penerbitan buku? apa perbedaan penerbit mayor dan indie serat kisaran biaya untuk penerbitannya? mohon maaf pertanyaannya borongan. terimakasih untuk Ilmunya Bapak...🙏🏻

Jawab:
- Naskah buku harus lengkap
- Pertimbangan dari penerbit diterbitkan adalah seberapa laku buku kita bisa laku atau tidak. 
-Penerbit mayor itu penerbit besar sedangkan Penerbit sendiri dicetak sendiri atau bekerjasama dengan penerbit kecil, dijual sendiri

P3
Assalamu'alaikum wr.wb.  Samsul Huda
Tapin 
Untuk promosi buku melalui media online apakah poin penting saja yang ditampilkan atau semua di share apakah tidak rawan dicopy karya kita?

Jawab: tampilkan scrensut atau difoto bbagian-bagian yang penting terus di beri ulasan. jadikan vidio. Tidak semua disajikan di metsos.

P4
Assalamualaikum, saya Bu Aripa dari Muaro Jambi.
Seandainya tujuh program promosi buku sudah kita kuasai. Tapi kita diam ini kan tidak juga ada hasil nya. Harus ada usaha dibalik semua kesuksesan. Apalagi promosi buku.
Bismillahirrahmanirrahim, kami baru belajar menulis, rasanya bermimpi punya buku karya sendiri.
Pak,  diantara ke tujuh cara diatas, mana yang paling ampuh dalam hal mempromosikan buku kita pak?...\
Jawab:
dimulai dari metsos yang kita miliki.  Kadang Vidio, kadang gambar, kadang jualan langsung. Intinya jangan biarkan pembaca bosan dan punya kesan kita jualan terus. kadang dikombinasikan.
P5
Dari Liily _ Alor

Menurut Pak Ustadz,  trik apa yang harus saya lakukan agar teman-teman saya bisa tertarik untuk membaca dan minimal mau membeli buku. Terima Kasih 
Jawab:
Buku antologi itu pikiran dari banyak orang, ada yang serius, ada yang asal nulis. sifatnya sekedar latihan menulis.

P6.
Assalaamu'alaikum wr
Perkenalkan saya Anika dari Lombok Barat
Izin bertanya pak Akbar.
1. Apakah mungkin buku solo hasil dari pelatihan di KBMN -29 ini bisa dipromosikan secara luas. mengingat isinya tentang resume2 pelatihan.
2. Menurut bapak buku dengan tema apa saja yang banyak diminati pembaca saat ini?
Jawab:
- Sangat mungkin Namun harus diulas, disusun dengan pikiran kita sendiri, dirangkai dengan bahasa sendiri akan sangat menarik karena materinay bagus-bagus.
-Novel yang paling bayak diminati

sebagai kata penutup :
segmen penting : Menulis setiap hari, buktikan apa yang akan terjadi. 
hari telah larut, materi sudah kemput.  Sangat bermanfaat untuk kita semua. 
Tanjung Harapan, 7 Agustus 2023
Assalaamu'alaikum wr

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resum ke -16 KMBN-29 Menulis Buku Cerita Digital oleh Ch. Sutarmi,S.Ag