RESUME KE 30 KBMN 29 MENULIS BUKU MAYOR DALAM DUA MINGGU

 Oleh CH SUTARMI, S.Ag

Resume ke      : 30

Gelombang       : 29

Hari / Tanggal   : Jum'at ,1 September 2023

Tema                 : Menulis  Buku Mayor Dalam Dua Minggu

Nara Sumber    : Prof.Richardus Eko Indrajit

Moderator         : Aam Nurhasanah,S.Pd

Puji Tuhan saya dapat mengikuti pembelajaran ini walau baru bisa mengikuti setelah setengah jalan. 

Di akhir acara belajar KBMN ini, pada pertemuan akhir ke-30. Kami dipertemukan dengan narasumber yang luar biasa, Masya Allah. Dialah Prof.Richardus Eko Indrajit.  Kebersamaan beliau malam ini hanya singkat, karena kesibukannya, materi yang beliau sampaikan malam ini padat dan berbobot. 

Peserta langsung diajak atau ditantang untuk membuat buku, hanya dalam waktu dua minggu. Mungkinkah? Berdasarkan pengalaman yang sudah beliau lalui. maka sangat mungkin. Kuncinya serius. 

Berikut profil singkatnya : 


Ada 4 tahapan besar dalam menulis, yaitu : 1. LANGKAH PERSIAPAN, 2. LANGKAH MENULIS, 3. LANGKAH REVISI, dan 4. LANGKAH PUBLIKASI.

Pada LANGKAH PERSIAPAN, ada empat aktivitas : 

1. Menentukan Tujuan | Tentukan tujuan Anda dalam menulis. Apakah Anda ingin menjadi penulis fiksi, non-fiksi, jurnalis, blogger, atau hanya sekadar menulis untuk diri sendiri? Tujuan ini akan membantu Anda memfokuskan upaya Anda. 

2. Pilih Genre atau Topik | Pilihlah jenis tulisan atau topik yang paling Anda minati. Ini akan membuat proses menulis menjadi lebih menyenangkan dan berarti untuk Anda. 

3. Penelitian Awal | Lakukan penelitian tentang topik atau genre yang Anda pilih. Ini termasuk membaca buku, artikel, atau tulisan lain yang serupa dengan apa yang ingin Anda tulis.

4. Siapkan Alat | Persiapkan alat yang Anda butuhkan, bisa berupa komputer, aplikasi menulis, buku catatan, atau pena.

Pada LANGKAH MENULIS aktivitasnya adalah : 

 1. Brainstorming | Lakukan brainstorming untuk mengumpulkan ide. Anda bisa menggunakan metode mind mapping, daftar, atau free writing.

 2. Kerangka Tulisan | Buatlah kerangka atau outline untuk membantu Anda menyusun tulisan. Ini berfungsi sebagai panduan agar tulisan Anda tetap terfokus.

 3. Menulis Draft Awal | Mulailah menulis berdasarkan kerangka yang telah Anda buat. Jangan terlalu fokus pada kesalahan gramatikal atau struktur pada tahap ini. 4. Rutinitas Menulis | Cobalah untuk menulis secara rutin. Bisa setiap hari, beberapa kali seminggu, atau sesuai dengan jadwal yang bisa Anda penuhi.

Pada LANGKAH REVISI terdapat aktivitas : 

1. Baca Ulang | Setelah draft awal selesai, baca ulang tulisan Anda. Perhatikan alur, kohesi, dan kerapatan informasi. 

2. Mengedit | Mulailah proses editing untuk memperbaiki kesalahan gramatikal, kalimat yang tidak efektif, atau informasi yang tidak tepat. 

3. Dapatkan Masukan | Tunjukkan tulisan Anda pada orang lain untuk mendapatkan feedback. Ini bisa berupa teman, keluarga, atau mentor menulis. 

4. Revisi | Lakukan revisi berdasarkan masukan yang Anda terima. Mungkin Anda perlu melakukan beberapa putaran revisi untuk memperbaiki tulisan Anda.

Pada LANGKAH PUBLIKASI - yang menjadi TUJUAN UTAMA kita - ada sejumlah aktivitas yaitu : 

1. Mengirimkan ke penerbit 

2. Dianalisis oleh penerbit 

3. Mendapat umpam balik dari penerbit 

4. Melakukan revisi 

5. Diterbitkan dalam bentuk fisik maupun elektronik

Mana mungkin bisa 2 Minggu? Mungkin sekali, jika ada strategi dan komitmen yang jelas. Sudah terbukti pula telah kita lakukan bersama di masa lalu.

Saya adalah peserta yang ke 30 dalam daftar list, yang menerima tantangan dari Prof.Richardus Eko Indrajit. untuk mengikuti atau mencoba menulis buku. 

Semoga apa yang menjadi harapanku ini dapat menjadi kenyataan. Tuhan memberkati ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KBMN PGRI-29. RESUME ke 19. TEHNIK PROMOSI BUKU Oleh Christiana Sutarmi, S.Ag

Resum ke -16 KMBN-29 Menulis Buku Cerita Digital oleh Ch. Sutarmi,S.Ag