Langsung ke konten utama

                           RESUME Ke 24 KBMN-29 Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru  

                                                           Oleh Christiana Sutarmi, S.Ag

Resume ke  : 24

Gelombang     : 29

Tema               : Mengirim Tulisan ke Majalah  Suara Guru

Nara sumber   : Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd

Moderator        : Yandri Novita sari, S.Pd

Syukur pada Allah walaupn kondisi kurang sehatsaya dapat mengikuti kegiatan ke 24 KBMN-29.  Malam ini yang membersamai sebagai moderator Ibu Yandri Novita Sari dan Bapak Catur Nurrohman Oktavian sebagai narasumber dengan tema Mengirim Tulisan ke Majalah Suara Guru.

Tidak seperti biasanya malam ini pertemuan dengan sarana Zoom Metting.  namun karena kondisi kurang sehat, saya tidak membuka viidio.

Moderator menyapa dengan salam dan memberikan pembagian waktu untuk pertemuan hari ini serta mengenalkan bapak narasumber. Bapak narasumber memiliki banyak sekali kesibukan dalam organisasi diantaranya menjadi redaktur pelaksana di majalah suara guru. Dan Bapak narasumber merupakan seorang kepala sekolah di Bogor yang baru saja dilantik.

Majalah suara guru berdiri pada tahun 1945 dalam bentuk stensil. Saat ini sudah memasuki usia 70 tahun lebih. 70 tahun adalah merupakan perjalanan yang panjang. 

Majalah suara guru awalnya hanya merupakan corong organisasi PGRI. Akan tetapi seiring berjalannya waktu majalah suara guru mengalami perkembangan. Majalah suara guru merupakan majalah yang memiliki skala nasional. Sehingga bagi seorang guru yang tulisannya dimuat dalam majalah ini akan mendapatkan nilai angka kredit 2. Sehingga tulisa yang di muat bisa untuk kenaikan pangkat.

Beberapa rubrik yang disediakan oleh majalah suara guru adalah sebagai berikut:
1. Rubrik Organisasi
2. Opini
3. Sosok/ figur yang memiliki peduli pada dunia pendidikan
4. Destinasi
5. Oase dan percik
6. Resensi
7. Universitas dan sekolah
8. Sejarah
PGRI merupakan organisasi yang besar, memiliki sekolah, universitas, bank dan juga hotel.
Syarat menulis di Majalah Suara Guru:
1. Tulisan harus orisinil bukan plagiat. Dan jika dalam penulisan diketahui sebagai plagiat maka akan di blacklist dari majalah ini.

2. Menulis rubrik opini sebanyak 2 halaman A4. Tulisan dalam bentuk Timenewroman dengan ukuran font 12. Banyak tulisan 600- 700 kata.

3. Menulis destinasi cukup 1 halaman A4 atau sekitar 200-300 kata. Demikian juga untuk rubrik berita organisasi sekolah, oase dan percik. 

Dengan demikian naskah harus aktual original dan sesuai dengan tema, cantumkan Poto profil dan identitas diri. Naskah dikirim ke majalah.suaraguru@gmail.com. Untuk menulis di majalah suara guru tidak dipungut biaya dan jika tulisan yang dimuat akan mendapat merchandise.
Mari berbagi kebaikan dengan tulisan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KBMN PGRI-29. RESUME ke 19. TEHNIK PROMOSI BUKU Oleh Christiana Sutarmi, S.Ag

Resum ke -16 KMBN-29 Menulis Buku Cerita Digital oleh Ch. Sutarmi,S.Ag