RESUME KE-27 KMBN-29 

BERPRESTASI & GO INTERNASIONAL. Oleh. CHRISTIANA SUTARMI


Hari, tanggal    : Jumat, 25-8-2023

Resume ke        : 27

Gelombang        : 29

Tema                  : Berprestasi dan Go Internasional

Narasumber       : Rita Wai, M.Kom

Moderator          : Nur Dwi Yanti, M.Pd

     Syukur pada Allah kegiatan malam ini dapat saya ikti dari awal. Ada semacam pertanyaan dalam hati tentang materi di akhir-akhir program kegiatan.  

    Lima belas menit sebelum di mulai, Bunda Aripa kesretaris kita memberikan pantun cakep, membuat suasana hangat

pergi ke pasar naik bajay

sosis  dan opak dimakan merpati

kami berterimakasih kepada Omjay

Tim solid nya kompak menawan hati

    Demikian pantun dari Bunda Aripa yang mewakili anggota lainnya.

Salam pembuka dari moderator ( NDY):

"Assalamualaikum, selamat malam, salam sejahtera untuk kita semua. 

Di malam putaran ke 27, kembali NDY akan menemani sobat nusantara di kelas Menulis malam ini. 

Walaupun kelas kita akan mendekati Closing semoga semangat menulis tetap membara... 

Atau malah jangan-jangan sudah padam karena tergerus kesibukan. 

Semoga dengan kehadiran nara sumber kita malam ini kembali mencharger semangat yang meredup, hingga menyala menjadi "dian" yang tak kunjung padam"

    Lanjut NDY:" Sejatinya sebuah mimpi merupakan landasan asa yang membawa manusia pada puncak tujuan hidupnya. 

Kesuksesan dan prestasi bukanlah semata hadiah dari Tuhan yang diturunkan dari langit dengan percuma. 

Ibaratnya bak syair lika- liku perjalanan dalam melewati karang tajam di setiap serpihan keringat ketika menggapai sebuah hidangan yang bernama KESUKSESAN

Seperti biasa pertemuan ini  kita akan bagi  dalam 4 sesi

1. Pembukaan  2. Paparan materi melalu chat WA grup  3. Tanya jawab   4. Penutup

     NDY memperkenalkan Narasumber dengan memberikan link Medsos :

    https://linktr.ee/cikgumilenial?fbclid=PAAaaovrYzeheIzH5jlJPFpbGIT3kL8FLNMg3836Sp-         RDIVXOqY3qqg_01sXk

 Profil beliau dapat diakses di : https://www.cikgurita.com/2022/06/about-me.html?m=0

Terlahir dengan nama Rita Wati di Tanjungpinang pada tahun 1982 dari orang tua berdarah minang. Memiliki hobi, menulis, browsing dan mencoba tools baru.

Masa kecil hingga remaja penulis habiskan di Tanjungpinang Kepulauan Riau kemudian melanjutkan studi S1 di Yogyakarta. Pernah bekerja di Serang kemudian menikah dan kini menetap di Bali.

    Cikgu  akan sharing sedikit pengalaman  bagaimana perjalanan cikgu  menjadi penulis hingga ditawarkan menjadi kurator, editor, moderator dan sekarang  diundang sebagai narsum hingga Menjadi juara blog dan Guru Inspiratif Terbaik Nasional* dan kesempatan belajar di Harvard dan Volunteer AIV

 Awal mula ketertarikan saya dengan menulis sudah cukup lama sejak 2 dekade lalu tahun 2001 di awal saya menjadi mahasiswa. Karena pada saat itu saya berteman dengan seorang penulis yang telah menerbitkan buku

 Akan tetapi saya tidak tahu Mau menulis apa dan Bagaimana cara memulainya. Sehingga keinginan tersebut hanya keinginan yang terpendam tanpa di eksekusi.

 18 tahun kemudian di tahun 2005, keinginan itu mulai menggebu kembali, saat itu saya tidak terlalu aktif mencari tahu group belajar menulis/ kelas menulis karena pada saat itu tidak seramai sekarang pelatihan menulis

 14 tahun.  Akhirnya saya menulis apa yang ada di pikiran saya, dan saya berhasil menghasilkan beberapa cerpen ala saya dan puncaknya ingin membuat novel dan telah berhasil sebanyak 80 halaman

 Akan tetapi lucunya ketidakpedean saya mengalahkan cita-cita saya, saya tidak berani tulisan saya dibaca oleh orang lain. Sehingga tulisan itu saya endapkan di Hidden folder

Daya  pun men-judge diri saya sendiri dengan tulisan “KAMU TIDAK BERBAKAT MENJADI PENULIS”

" https://padlet.com/catatangurumilenial/introduce-your-self-hrag0r60jjyhxt91" Cikgu Rita membagikan link perkenalan, saya pun mengisinya. Saya bertanya dalam hati, ini medsos apa ya. 

  


Lama saya tidak menghiraukan tentang tulisan.

Akhirnya PANDEMI DATANG dan bertemulah dengan Kelas Belajar Menulis yang membuka cakrawala saya karena bertemu dengan Narsum Hebat

Hingga mendapat kesempatan menulis duet bersama Prof Richardus Eko Indrajit


    Lanjut Cikgu Rita:  Awalnya ketika Pertemuan 1-5  di KBM saya hanya sekadar membuat resume. yang penting sudah mengerjakan tugas itu pikiran saya saat itu.

    Mulai pertemuan ke-6 saya mulai berpikir bagaimana caranya membuat resume yang menarik tidak hanya copy paste hasil olah kata sendiri.

    Nah ketika saya menulis dengan hasil olah kata sendiri, justru diluar dugaan saya, awalnya tulisan saya tidak pernah di share oleh Om Jay dan ketika saya olah sendiri akhirnya Om Jay sendiri yang ngeshare tulisan saya.

     Di share narsum pada saat itu sudah sangat senang apalagi dapat hadiah buku

    Sejak saat situ semangat menulis saya semakin menggebu * hingga selesai 30 kali pertemuan saya mulai diajak menjadi *Kurator oleh bu Kanjeng. Hingga saat ini saya telah berhasil menerbitkan 4 buku solo, 1 buku duet  bersama Prof Ekoji yang diterbitkan di penerbit Andi dan 10 buku antologi dimana 5 antologi saya yang menjadi kurator serta editor lapis pertama dan 3 editor buku fiksi berupa cerpen dan novel karya peserta Belajar Menulis juga.

    Yang terbaru tanpa disangka saya berkesempatan untuk menulis buku Biografi Kepala BI Wilayah Bali Nusra

    Bermula dari sering mengunjungi blok orang-orang hebat, akhirnya Cikgu beroleh prestasi yang sangat melejit. Berawal dari sering kalah tapi karena terus berusaha hingga akhirnya bisa mendapatkan juara.

   Berikutnya Cikgu mulai berani mencoba untuk mendaftar kelas-kelas internasional.


https://www.cikgurita.com/2023/08/tips-lolos-beasiswa-microcredential.html

Manfaat menulis:


Tips menulis:


Link Medsos Cikgu Rita

https://linktr.ee/cikgumilenial?fbclid=PAAaan473s_cSmQlCCMva4WOEBqpTZKRynKFS8jSRdi6PnPmGuGKViidmNZws

Langsung Praktek dan sayapun mengisinya. 


Sinopsis Mengejar Mimpi

http://www.ritapinang.my.id/2023/07/sinopsis-mengejar-mimpi.html?m=1

Tahap terakhir adalah sesi tanya jawab. salah satu dari tanya jawab adalah sebagai berikut:
T.Maryam, tangsel
Bersyukur selalu dipertemukan dengan orang2 hebat du KBMN..sangat takjub melihat ibu sebagai cikgu milenial. Mohon tipsnya ibu agar pede dengan tulisan sendiri.
Terima kasih
Jawab: Baik salam kenal Bu Maryam. Tipsnya buang jauh-jauh prasangka buruk ketika ibu mau mengeshare tulisan. coment apa pun yang kita terima kita tampung. jIka ada yang mengkritik jadikan itu sebagai masukan yang sangat berarti demi perbaikan tulisan kita kedepannya. yang kedua Ibu bergabung dalam komunitas yang memiliki hobi yang sama yaitu menulis seperti di kBM ini disini kita bisa saling memberi, menerima dan menghargai tulisan.

Clossing dari Cikgu Rita :
    Menulis bukan hanya sekadar aktivitas rutin, tetapi juga merupakan sarana untuk meraih prestasi dan menggapai panggung internasional. Dalam era digital seperti sekarang, kemampuan menulis dengan baik dan efektif dapat membuka peluang luas untuk berprestasi dan meraih pengaruh yang lebih luas.

    Terima kasih banyak pada Cikgu Rita atas ilmunya dan Mbak ADY yang telah membersamai peserta dalam kegiatan KBMN pertemuan ke 27 ini. 
Banyak link yang belum sempat saya masukkan dalam resum ini dan akan saya susulkan kemudian.
    Baiklah tetap menulis dan terus menulis mengejar mimpi menebar kebaikan dengan tulisan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KBMN PGRI-29. RESUME ke 19. TEHNIK PROMOSI BUKU Oleh Christiana Sutarmi, S.Ag

Resum ke -16 KMBN-29 Menulis Buku Cerita Digital oleh Ch. Sutarmi,S.Ag